KONSEP DIRI (Tugas Teknik Presentasi TGP PNJ)

PENGERTIAN KONSEP DIRI :

  • Gabungan dari keyakinan yang dimiliki individu tentang mereka sendiri yang meliputi karakteristik fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi. (Hurlock, 1990 : 58)
  • Suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan orang-orang lain berpendapat, mengenai diri kita, dan seperti apa diri kita yang kita inginkan. (Burns, 1993 : 6)
  • Semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui  individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain. (Stuart & Sudden, 1998)
  • Pandangan individu mengenai siapa diri individu, dan itu bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan lewat informasi yang diberikan orang lain pada diri individu (Mulyana, 2000 : 7)
  • Gagasan tentang diri sendiri, konsep diri terdiri dari bagaimana kita melihat diri sendiri sebagai pribadi, bagaimana kita merasa tentang diri sendiri, dan bagaimana kita menginginkan diri sendiri menjadi manusia sebagaimana kita harapkan. (Centi, 1993 : 9)

PENGERTIAN SECARA UMUM
“Sebagai keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang, perasaan dan pemikiran individu terhadap dirinya yang meliputi kemampuan, karakter, maupun sikap yang dimiliki individu.”


BAGIAN UTAMA KONSEP DIRI :

Menurut Brian Tracy, memiliki tiga bagian utama yaitu:
1.      Self-Ideal (Diri Ideal),
2.      Self-Image (Citra Diri), dan
3.      Self-Esteem (Jati Diri).
Ketiga elemen tersebut merupakan satu kesatuan yang membentuk kepribadian Anda, menentukan apa yang biasa Anda pikir, rasakan, dan lakukan, serta akan menentukan segala sesuatu yang terjadi kepada diri Anda.

1.   Self-Ideal (Diri Ideal)
Self-ideal Anda terdiri dari :
·         harapan,
·         impian,
·         visi,
·         idaman
Self-ideal terbentuk dari kebaikan, nilai-nilai, dan sifat-sifat yang paling Anda kagumi dari diri Anda maupun dari orang lain yang Anda hormati. Self-ideal adalah sosok seperti apa yang paling Anda inginkan untuk bisa menjadi diri Anda, di segala bidang kehidupan Anda. Bentuk ideal ini akan menuntun Anda dalam membentuk perilaku Anda.

2.   Self-Image (Citra Diri)
Bagian ini menunjukkan bagaimana Anda membayangkan diri Anda sendiri, dan menentukan bagaimana Anda akan bertingkah laku dalam satu situasi tertentu. Semua perbaikan dalam hidup Anda akan dimulai dari perbaikan dalam self-imageself-image.

3.   Self-Esteem (Jati Diri)
Self-esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda sendiri. Semakin Anda menyukai diri Anda, semakin baik Anda akan bertindak dalam bidang apa pun yang Anda tekuni. Dan, semakin baik performansi Anda, Anda akan semakin menyukai diri Anda. Bagian ini adalah komponen emosional dalam kepribadian Anda.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSEP DIRI :

A.      Tingkat Perkembangan dan Kematangan
B.      Lingkungan
C.      Pengalaman Masa Lalu
D.     Budaya
E.      Sumber Eksternal & Internal
F.       Pengalaman Sukses & Gagal
G.     Usia, Keadaan Sakit & Trauma


JENIS – JENIS KONSEP DIRI :

Konsep Diri Positif, Anda mengenal diri Anda secara baik. Anda memiliki penerimaan diri yang kualitasnya lebih mungkin mengarah ke kerendahan hati dan ke kedermawanan. Anda dapat menyimpan informasi tentang diri sendiri – informasi negatif maupun positif. Anda seorang yang optimis, penuh percaya diri, dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya.  Anda menganggap hidup adalah suatu proses penemuan. Anda berharap kehidupan dapat membuat diri Anda senang, dapat memberikan kejutan, dan memberikan imbalan. Dengan menerima semua keadaan diri Anda maka Anda juga dapat menerima semua keadaan orang lain.

Konsep Diri Negatif, Anda tidak merasa cukup baik dengan apapun yang Anda miliki dan merasa tidak mampu mencapai suatu apapun yang berharga. Jika hal ini terus berlanjut, maka Anda akan menuntun diri Anda sendiri ke arah kelemahan emosional. Anda mungkin akan mengalami depresi atau kecemasan secara ajeg, kekecewaan emosional yang lebih parah dan kualitasnya mungkin mengarah ke keangkuhan dan ke keegoisan.         


BEBERAPA KONSEP DIRI SAYA :
1.      Saya ingin memandang segala sesuatunya dengan pikiran positif
2.      Saya mau orang lain menganggap keberadaan saya dan tidak meremehkan saya
3.      Saya selalu mencari cara untuk mengembangkan bakat atau talenta yang saya miliki
4.      Saya mempunyai cara tersendiri dalam menyelesaikan masalah
5.      Saya mau berusaha mendapatkan prestasi / juara di setiap kesempatan yang ada
6.      Saya ingin bisa menjadi lebih dari apa yang orang lain telah capai
7.      Saya ingin menjadi seseorang yang berguna / bermanfaat bagi orang lain
8.      Saya menjadikan pengalaman buruk saya sebagai proses pendewasaan diri
9.      Saya selalu berusaha untuk berucap dan bertingkah laku yang baik dan benar
10.   Saya ingin bisa memotivasi diri saya sendiri dan orang disekitar saya
11.   Saya mau menjadi berbeda dengan orang lain

Comments

Popular Posts