SELAMAT JALAN CHIPO

CHIPO… CHIPO… CHIPO… CHIPOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO
 



Teriakku memanggil namanya saat aku ingin memberinya makan, dia kemudian berlari menghampiriku dan meninggalkan teman-temannya saat sedang bermain bersama. Ku beri makan dengan ikan, daging terkadang jika tidak ada ikan atau daging maka aku akan memasakkan sebutir telor untuknya dicampur dengan nasi putih. Ku letakkan di atas piring plastik berwarna pink di lantai dekat meja dapur, dengan lahapnya dia memakan sampai tak tersisa tapi terkadang dia juga hanya makan sedikit apabila sedang tidak nafsu makan. Aku memberinya makan tiap pagi dan sore atau tiap siang dan malam (2x sehari) itupun dia masih sering aku beri kue-kue, gorengan atau cemilan yang sedang ku makan. Pernah sih ga sempat kasih dia makan karena buru-buru kuliah dan pulangnya juga sore sehingga waktu aku tiba dirumah, rasanya dia ingin mengadu bahwa belum diberi makan. Setiap kali pulang kuliah ku rasa sangat letih dan ingin langsung tidur saja dan memberinya makan setelah bangun tidur. Hal itu sering aku lakukan yang mungkin membuat dia harus menunggu lagi untuk makan tetapi aku juga sering pulang kuliah langsung menyiapkan makanan untuknya, merebus kepala ayam atau menggoreng kepala ikan untukknya dan meniupkan nasi yang masih panas agar dia bisa makan tanpa merasakan panas di lidah. Terkadang aku egois mengutamakan tidur tapi terkadang aku juga menjadi semangat melihat dia begitu semangat meminta makan. Hal yang lucu sekali jika dia tidak menghabiskan makanannya dan makanan itu dimakan kucing-kucingku maka dia langsung datang untuk memakannya kembali, dia tidak mau menghabiskan makanan tapi dia juga tidak mau makanannya direbut kucing. Jadi terpaksa dimakan juga sama dia..hahaha

Chipo adalah anjing yang istimewa untukku, dia sangat manja dan menggemaskan… Jika selesai mandi dan membersihkan kutunya, aku melap badannya dengan kain kering, merantainya di pintu belakang dan membiarkannya dengan waktu cukup lama hingga badannya tidak basah lagi. Aku meninggalkannya sendirian di dapur, saat dia telah bosan dan merasa kesepian maka dia mengeluarkan suara yang menurutku itu seperti rengekan anak bayi, lalu aku berkata “Chipo jangan nangis” aku masih mmbiarkan dia hingga dia merengek kembali, lalu aku melepas rantainya dan mengajaknya ke ruang depan. Teman-teman anjingnya cukup banyak, dia gaul juga nih… malah banyak yang suka sama dia…hhehe. Temannya sering sekali datang ke depan rumah untuk mengajaknya bermain. Dia memang seperti anak-anak karena dia memang masih anak-anak, mungkin masih berumur 2 tahun. Tiap pagi dia selalu datang ke tempat tidurku sambil mengarahkan tanggannya ke arahku dengan gonggongan kecilnya seolah dia ingin membangunkanku, tiap hari dia melakukan hal itu tetapi jika pintu kamar telah terbuka. Aku melihat tingkahnya dengan keadaan masih mengantuk dan tertidur kembali. Mungkin dia ingin aku bangun untuk memberinya makan tapi bagiku dia anjing yang sangat peduli terhadapku. Dia selalu membangunkanku tiap pagi, menyambut kedatanganku dengan sangat riang, menyentuhku berisyarat menyapa. Aku bahagia sekali mengenalnya, memilikinya, dan aku merasa tidak kesepian dan masih ada yang sangat menginginkan keberadaanku meski hanya seekor anjing.
                                                                         
Kini, dia telah pergi meninggalkanku sendirian dan kesepian. Dia pergi kemana ya? Knapa tidak pulang-pulang juga? Sudah dapat majikan baru kah? Atau sudah tiada? Bayangan masih sangat jelas dirumah ini, setiap detik masih teringat saat-saat kebersamaanku dengannya. Aku selalu mengelusnya setiap hari bahkan memeluk dan menciumnya, dia sangat membutuhkan aku dan selalu ingin bersamaku. Berat sekali ku lalui selama 3 hari sudah kehilangan dirimu, aku menangis hebat, aku mencarimu hingga 4 kali tapi hasilnya nihil. Rumah terasa kembali sepi dan datar…
Tatapan matanya, gonggongannya, rengekkannya, saat dia sedang menguap, sedang duduk, sedang tidur, sedang menggangguku dengan menjilatku dan melompat-lompat ke badanku… semuanya itu akan selalu terkenang…  Mungkinkah kan ku temui anjing sepertimu lagi?

SELAMAT JALAN CHIPO, semoga Tuhan selalu menjagamu… rumah ini akan selalu terbuka kapanpun kamu ingin kembali, dalam keadaan seperti apapun tapi jika kau tidak kembali.. ingatlah bahwa aku akan selalu merindukanmu dan sangat menyayangimu… Maafkan sgala salahku dan kelalaianku :’(

Comments

Popular Posts