Pendakian Puncak Jawa Barat "CEREME 3078 mdpl"

Ini pendakian pertama di tahun 2015. Berawal dari hasrat gw yang udah lama gak nanjak dan waktu itu emang pengen banget nanjak kemana aza. Ngajakin temen yang pernah nanjak bareng gw tapi pada ga bisa, lalu gw inget seorang temen kampus gw yang juga suka nanjak dan pernah ngajakin gw. Kemudian gw coba whatsapp dia, namanya Ketev. Dia temen kampus gw waktu kuliah di Trisakti buat ngelanjutin S1, dan dia juga temen yang senasib sama gw krn nyelesain skripsi paling terakhir atau sidang terakhir.

Gw sih niatnya ngajakin ke Cikuray aza tapi dia ngajakin gw ke Ciremai. Sebenarnya pas pertama kali dia nyebut gunung Ciremai, gw langsung sedikit kaget karena ngebayangin klo kesana via Linggar Jati yang katanya treknya lumayan susah. Lalu temen gw bilang klo kita via Palutungan. Dan gw sedikit lega mendengarnya. Gw coba cari tahu tentang ciremai di internet, yang gw dapatkan malah tentang kisah mistisnya. Disana banyak kejadian aneh terjadi, hal-hal berbau cerita seram di gunung. Hufftt kenapa malah nemu yang begituan. Gw kan pengen cari tahu  tentang trek pendakiannya.

Kamis malam tanggal 30 April 2015 sesuai pulang kerja, gw balik ke rumah dulu siap2 dan gw ketemuan ama temen gw di dekat Mcd Duren Sawit. Gw nyuruh ade gw nganterin gw kesitu dan gw nunggu temen gw cukup lama. Gw nunggu diseberang Mcd yang dekat jalur BKT, pas di dekat perempatan lampu merah. Gw berdiri dengan membawa carrier dan memakai jaket serta sepatu gunung. Setiap orang yang lewat sedikit aneh ngeliat gw, mungkin gw seperti anak hilang. Waktu itu jam 8 malam. Gw sendirian aza disitu dan mencoba menghubungi terus teman gw supaya dia cepat datang.

Tiba-tiba ada seorang bapak atau lelaki yang kurus tidak terlalu tua tapi juga bukan anak muda, dia berpakaian agak lusuh dan menghampiri gw. Gw mencoba menjaga barang2 gw mulai dari hp yang langsung gw masukin ke kantong jaket. Lalu dia bertanya "neng, kalau mau ke Blok M naik apa ya?" gw menjawab "naik aza yang ke arah kp melayu terus cari yang ke arah Blok M". Terus dia nanya lagi "klo naik metromini ini bisa" gw "bisa pak, ini ke arah tebet/kp melayu, coba aza" lalu dia nanya lagi "klo naik ojek ke Blok M bisa gak neng?" jegerrrrr pertanyaan yang cukup aneh, untungnya dari tadi setiap dia nanya gw ga perhatiin matanya, gw selalu ngelihat ke arah jalan dan banyak orang yang juga merhatiin gw dan bapak ini dari seberang jalan sana sembari mereka menunggu lampu hijau. pertanyaan terakhir itu bikin gw diam dan cuekin tuh bapak, dalam hati gw sedikit curiga. Ini orang kaya ada niat ga baik sama gw, gw berdoa dalam hati. Gak berapa lama temen gw muncul di seberang sana dengan motornya, langsung gw buru-buru nyebrang dan ninggalin bapak tadi. Tapi disana juga ada seorang cewe yang lagi nunggu semoga aza tuh cewe juga ga digangguin. Oh thanks GOD!!! temen gw datang di saat yang tepat. Kita cuss ke Giant dulu beli logistik. Terus kita cuss ke rumah temennya di daerah Rawa Badung.

Ternyata temennya udah berkeluarga dan umurnya sekitaran hampir 30an. Dia masih belum packing, gw nunggu dia packing dan kita cuss ke rumah temen mereka namanya Bang Dila. Disana gw ditinggal karena mereka berdua mau beli nesting dulu ama kompor. Hmm ternyata masih baru prepare... gw ditinggal ngobrol berdua ama bang Dila beranda depan rumahnya. Bang Dila juga udah berkeluarga dan udah punya anak, dia sih katanya lagi off naik gunung jadi barang2nya udah pada dijualin. Dia banyak cerita tentang pendakiannya dulu, gw sedikit merasa terhormat setiap kali ngobrol sama orang yang udah pengalaman dalam mendaki gunung. Bang Dila ngasih unjuk foto2nya dari zaman dulu dia nanjak. Dia juga udah pernah ke Rinjani. Ya gw ngobrol banyak tentang gunung sama bang Dila. Lumayan nambah ilmu.

Kira-kira 1 jam baru mereka balik, waktu udah menunjukkan pukul 11 malam. Duh mata gw udah sepet banget nih, dari jam 7 udah meluncur dari rumah tapi baru jam segini beneran berangkat. Kita naik taksi dari situ, jaraknya ga jauh ke tempat bus. Pas dijalan kita nunggu bus Luruagung namanya ke arah Kuningan. Sedihnya kita dapat bus yang lagi rame2nya penumpang dan gw mesti berdiri. Di malam yang udah cukup larut, mata udah ngantuk banget tapi gw harus berjuang di dalam bus. Btw katanya kita turun di LINGGARJATI. Gw langsung kaget dengar kata itu.. katanya mau via palutungan tapi malah jadi linggarjati. Duh apa fisik gw mampu ya.

Perjalanan ternyata memakan waktu yang cukup lama, karena gw udah gak kuat berdiri jadi gw duduk aza di tengah2 itu saking capenya berdiri dan udah ngantuk. Duduk sambil tidur, sempit banget sih karena emang bus ini penuh sesak. Pantat gw juga agak panas jadinya klo duduk di bawah mesti gw alasin sesuatu. Gw udah gak peduli orang ngeliat gw udah kaya anak hilang, dan gw ga kebayang klo ada yg kenal gw di bus itu. Udah kaya gembel banget tapi seru juga sih, nambah pengalaman naik bus ke Kuningan duduk dibawah, kadang-kadang berdiri karena pegal juga duduk soalnya duduk nya juga sempit banget, ga bisa banyak gerak. Berangkat dari pulogadung sekitar jam setengah 12an malam sampe di Kuningan jam 9an pagi.

Kami berhenti di jalan raya dan naik angkot ke Pos Pendakian Linggasana yakni start pendakian gunung Ciremai via Linggarjati, mata masih sedikit ngantuk karena di bus cuma bisa bobo2 ayam. Pas sampai sana langsung pada mandi dan sarapan sekalian beli logistik yang kurang dan packing ulang. Setelah itu kami ke pos pendaftaran, dan sedikit terjadi kericuhan karena dua teman gw ga terima dengan harga yang diterapkan pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yaitu sebesar Rp 50.000. Sekitar 15 menit mereka berdua berbicara dengan orang yang ada di pos pendaftaran dan banyak pendaki yang ikut merhatiin dan suasana menjadi ramai. Ternyata emang mulai April 2015 harga tiket masuk dinaikkan 100%, gw baca kertas pengumumannya dan pihak TNGC memberikan snack(kue2 kecil yg keras), souvenir (gelang aneh), trashbag(kantong plastik kecil) sudah termasuk dari biaya pendaftaran tersebut.

Setelah akhirnya teman gw berhenti berdebat walaupun teman gw masih ga terima, gw mah ikut peraturan aza. Terus bang ahong tiba2 ngasih sekumpulan kertas buat gw tulis, lucunya gw nulis nama gw duluan di bagian atas, baru nyadar pas udah bagian nama-nama anggota. Lah gw masa jadi Ketua pendakian kali ini, mau minta ganti kertas katanya bang ahong ga usah. Buset udah gw cewe sendiri tapi  gw yang jadi Ketua padahal gw yang paling muda dari mereka..hehe. Lanjut setelah ngasih fotocopy KTP dan kertas2 yang tadi, kita jalan ke pos Cibunar. oh iya titik pendakian awal di mulai dari 600 mdpl. Masih ada banyak lagi menuju ke 3078 mdpl.

BERSAMBUNG (nanti dilanjut lagi kalau ada waktu...) ini mah kepanjangan curhatnya hehe